Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Aksi Sosial Aesculapius Siginjai Emergency Team (ASET) UNJA  di Desa Kota Karang Muaro Jambi

Aksi Sosial Aesculapius Siginjai Emergency Team (ASET) UNJA  di Desa Kota Karang Muaro Jambi

Pewarta: Dimas Anugrah Adiyadmo / Cindy D.
Foto: Mutia H.B. / ist*

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

KOTA JAMBI,- Tim Bantuan Medis (TBM) Aesculapius Siginjai Emergency Team (ASET) Universitas Jambi (UNJA) menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Sosial Nasional dan National Emergency Competition (BAKSOSNEC) PTBMMKI 2024’ dengan tema ‘Little Action to Secure a Healthy Future’. Kegiatan ini diadakan di Desa Kota Karang, Jambi Suak Kandis KM 9, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muaro Jambi, pada Sabtu (27/04/2024).

TBM ASET UNJA bekerja sama dengan Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) adalah sebuah organisasi yang merupakan perkumpulan dari Tim Bantuan Medis seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia.

Rangkaian kegiatan dimulai dari Welcoming Party yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Bank 9 Jambi pada Jumat (26/04/2024) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Dr. dr. Humaryanto, Sp.OT, M.Kes.; Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. dr. Fairuz, Sp.PA., M.Kes.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A.; Ketua Prodi Tahap Sarjana Kedokteran, dr. Esa Indah Ayudia. M.Biomed; Kepala Desa Kota Karang Kumpeh Ulu, Kepala Puskesmas, Ketua BEM FKIK UNJA, Ketua Hima Jurusan Kedokteran, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, dan Farmasi, Ketua DPO, Ketua Umum PTBMKI, serta Ketua ASET UNJA.

Dr. dr. Humaryanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mempererat hubungan dengan masyarakat serta memberikan kontribusi positif melalui berbagai aksi sosial dan pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi, khususnya terkait dengan persiapan menghadapi tantangan, termasuk bencana, baik dari segi fisik maupun mental. Saya ingin mengingatkan bahwa kita semua memiliki potensi untuk memberikan kontribusi. Yakinlah bahwa jiwa-jiwa yang ada di sini dapat menyumbangkan tenaga dan pemikiran untuk membantu sesama. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan menjadi contoh untuk kegiatan lainnya di masa mendatang,” ungkap beliau.

Kegiatan berlanjut di hari kedua dengan pelaksanaan Baksos yang mencakup sirkumsisi (sunat), penyuluhan Tuberkulosis (TB), dan pos pemeriksaan kesehatan yang meliputi Poli Anak, Poli Kandungan, Poli Mata, dan Poli Penyakit Dalam secara gratis.

Baksos dimulai pukul 08.00 – 17.00 WIB di Desa Kota Karang dengan antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap acara tersebut, sehingga beberapa kali hampir membuat situasi dan alur registrasi menjadi sedikit terkendala. Namun, ini membuat TBM ASET UNJA merasa sangat senang akan respons masyarakat yang begitu antusias terhadap acara ini.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menumbuhkan semangat gotong royong dalam membantu sesama.

Selain kegiatan Baksos, kegiatan kali ini juga mempelombakan National Emergency Competition (NEC), perlombaan kegawatdaruratan pertama dan terbesar untuk mahasiswa kedokteran se-Indonesia. Terdapat 3 cabang yang dilombakan, yaitu olimpiade dengan tema kegawatdaruratan, video edukasi, dan poster publik.

Penutupan acara dilaksanakan pada Sabtu (27/04/2024) malam di lokasi yang sama dengan acara pembukaan dan berlangsung meriah, dengan delegasi yang saling bertukar cindera mata.

“Saya harap penutupan acara tersebut sebuah akhir, namun permulaan untuk semua mahasiswa kedokteran se-Indonesia menjadi lebih peduli akan pentingnya pengetahuan tentang kegawatdaruratan medis, dan saya harap para delegasi mendapat kesan yang baik akan pengalaman mereka selama berada di Jambi,” ungkap Noval selaku ketua pelaksana.